Liputan6.com, Jakarta – Tersiar kabar, sosok Toyota Corolla Cross yang beberapa waktu lalu tertangkap kamera tengah uji jalan di Thailand siap mendebut. Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 yang berlangsung Juli nanti disebut-sebut sebagai panggung wolrd premier-nya.

Seperti namanya, Toyota Corolla Cross akan menggunakan Toyota Corolla sebagai basisnya. Artinya, mobil ini adalah SUV yang benar-benar baru dan bukan versi modifikasi dari sedan tersebut.
Meski akan melakoni debutnya di Thailand, Toyota Corolla Cross disebut-sebut juga akan mengaspal di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) pun angkat bicara terkait rumor tersebut.

“Untuk saat ini saya masih belum bisa memberikan informasi terkait Toyota Corolla Cross. Kalau memang meluncur di Indonesia, pasti akan kami kabari,” terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM saat dihubungi redaksi Otosia.

Sebelumnya, Toyota Corolla Cross terpantau tengah melakoni uji coba di jalanan Thailand. Mobil SUV ini memiliki desain yang modern dan futuristis, serta terlihat gagah.

Lampu belakangnya tampak tinggi, khas SUV dan dipadu lekukan tegas di sepanjang body. Sektor depannya masih tertutup kamuflase, tapi terlihat ada sepasang LED DRL tipis yang membingkai lampu utamanya.

Perjalanan Panjang Toyota Corolla di Indonesia Hingga Dunia
PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan generasi terbaru dari sedan andalannya, all new Toyota Corolla Altis. Model ini, mendapatkan ubahan yang cukup signifikan, mulai dari eksterior dan juga interior dengan penyematan platform baru, Toyota New Global Architecture (TNGA).

Di pasar dalam negeri, Toyota Corolla Altis memang bukan model yang jadi andalan pabrikan Jepang untuk mendukung penjualan dengan skala besar.

Pasalnya, segmen sedan di Indonesia sendiri memang kecil dibanding yang lain, seperti MPV atau SUV. Namun, di pasar global, model ini sangat populer dengan penjualan cukup tinggi.

“Total penjualan Corolla dari generasi pertama sampai 2019 sudah lebih dari 47,6 juta unit, di lebih dari 150 negara,” jelas Presiden Direktur PT TAM, Yoshihiro Nakata, di sela-sela peluncuran all new Toyota Corolla Altis, di SCBD, Jakarta Selatan, kemarin.

Toyota Corolla sendiri sudah diluncurkan pertama kali pada 1966, dan berhasil tampil sebagai salah satu kendaraan populer di pasar dunia. Bahkan, hingga saat ini model tersebut sudah menginjak generasi ke-12.

Semangat Corolla-ness
Dalam semangat Corolla-ness, Toyota mengembangkan mobil ini sebagai mobil yang berkualitas tinggi, tangguh, dan prestisius.

Konsep pengembangan ini terus dipertahankan dari waktu ke waktu dan berhasil menjadikan Corolla sebagai mobil legendaris yang menjadi pilihan masyarakat di seluruh dunia.2 dari 2 halaman Kiprah di Indonesia

Di Indonesia, Corolla hadir sejak 1972 dengan total penjualan sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 147 ribu unit.

Seiring dengan berbagai kemajuan teknologi dan kebutuhan pelanggan, tanpa meninggalkan DNA Corolla yang sudah terbentuk sejak generasi pertama, pengembangan Corolla generasi ke-12 ini diperkuat dengan 4 pilar utama atau disebut Blooming Corolla yang makin menegaskan karakter mobil ini, yaitu styling, driving performance, safety, dan electrification.